Sabtu, 19 Maret 2011

Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Periode 2010-2012


Kecenderungan masyarakat untuk selalu berubah dan berkembang sebagai sebuah konsekuensi logis masyarakat selalu ingin menuju kearah yang maju, merupakan garis yang telah ditentukan dalam sunnatulloh, walaupun dalam proses perubahan dan perkembangan tersebut berakibat terciptanya efek negatif. Dinamika mayarakat ini terjadi disegala nafas kehidupan masyarakat, baik bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya dan aspek yang lainnya. Dinamika tersebut membawa dampak semakin tingginya tuntutan ekonomi yang selaras dengan proses demokrasi modernisasi dan industrialisasi. Ending dari perubahan dan perkembangan tersebut diidentikkan dengan proses pembangunan sumber daya manusia yang lebih dikhususkan dalam bidang ekonomi.
Proses globalisasi mengakibatkan semakin cepatnya perjalanan dinamika ini, sehingga proses perkembangan didunia sekarang, bisa langsung diakses di negara kita, walaupun tanpa ada filter dari pihak pengambil kebijakan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menibulkan hubungan timbal balik antara bidang ilmu pengetahuan yang lain, suatu contoh hubungan timbal balik pengetahuan dengan bidang ekonomi yang artinya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak semakin tingginya keinginan masyarakat untuk memenuhi tuntutan ekonomi.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang luar biasa, mengakibatkan kesenjangan antara ilmu agama yang bersifat normatif dan ilmu agama yang berdasar pada ubudiyah dengan ilmu pengetahuan teknologi yang bersifat dinamis, rasional dan berorientasi pada dimensi ekonomi. Tuntutan terhadap adanya usaha untuk mengintregasikan ilmu agama yang normatif dan ilmu pengetahuan teknologi serta adanya keterkaitan antara materi pendidikan dengan dunia ekonomi “ baca peluang kerja “ yang merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap orang.
Sementara ilmu pengetahuan teknologi yang berdasarkan rasionalitas mengalami perkembangan yang semakin cepat. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi masyarakat usia pelajar untuk dapat mengimbangi, karena pelajar adalah “anak kecil” yang belum bisa berlari dengan cepat untuk mengimbangi orang dewasa. Maka sangat perlu sekali pelajar diberikan materi-materi dan juga pelatihan-pelatihan agar bisa bersaing serta mampu mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang terbungkus dalam kemeja globalisasi. Perlu diingat bahwa dipundak pelajarlah cita-cita bangsa ini dipikul.
Organisasi pelajar dengan orientasi pengkaderan yang salah satunya adalah Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama (IPNU-IPPNU) mempunyai peran yang sangat signifikan guna memikirkan nasib pelajar dimasa yang akan datang. Organisasi yang baru saja mengalami pergantian pengurus ini dituntut harus mampu melahirkan ide-ide cerdas yang tersusun dalam agenda kerja dalam satu periode kepengurusan, sehingga dalam perjalan organisasi senantiasa selaras dan seiring dengan syari’at islam menurut faham Ahlussunnah Wal Jama’ah.
Menyadari betapa berat tanggungjawab yang harus dipikul organisasi, serta adanya upaya pengurus baru untuk melaksanakan program kepengursan satu periode kedepan, maka pengurus cabang IPNU-IPPNU mengemas kesemuanya dalam satu wadah kegiatan yakni Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Periode 2010-2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar